cover
Contact Name
Ahmad Arifin
Contact Email
arifin@metrouniv.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
annabighoh@metrouniv.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota metro,
Lampung
INDONESIA
An Nabighoh Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Bahasa Arab
ISSN : 19071183     EISSN : 25812815     DOI : -
Core Subject : Education,
An-Nabighoh Is an Arabic education and learning journal published by the IAIN Metro Lampung. The editors invite experts and academics to contribute their manuscripts, whether in the form of research results, in-depth opinions, book reviews relating to Arabic education and learning themes. This journal is published periodically twice a year as a vehicle for scientific communication around Arabic language education and learning written in Arabic.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh" : 7 Documents clear
Problematika Pengajaran Bahasa Arab Mahasiswa Lulusan Umum di Prodi PBA Jurusan Tarbiyah STAIN Jurai Siwo Metro 2016 Albarra Sarbaini
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (735.725 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1283

Abstract

Mahasaiswa di prodi PBA STAIN Jurai Siwo Metro memiliki latar belakang pendidikan yang beragam, mulai dari pondok pesantren, Madrasah Aliah, SMU, dan SMK, sehingga pengetahuan mereka tentang bahasa arab sangat beragam, mahasiswa yang berasal dari pondok pesantren sudah terbiasa dengan pelajaran yang berbahasa arab sedangkan yang berasal dari sekolah umum seperti SMU dan SMK belum terbiasa bahkan belum pernah belajar bahasa arab sebelumnya, disinilah muncul problematika kemampuan penguasaan bahasa arab. Dalam menghadapi problematika ini sangat dibutuhkan keprofesionalan para dosen dalam mengemas pendekatan, materi dan metode pengajaran yang diterapkan. Untuk mengetahui problematika pengajaran bagi mahasiswa lulusan umum yang sangat minim belajar bahasa arab sebelumnya, penelitian ini mengunakan jenis penelitian kualitatif lapangan pengumpulan data mengunakan metode atau instrumen utama wawancara dan dokumentasi, sumber datanya adalah dosen dan mahasiswa PBA yang berasal dari sekolah umum.Dari hasil wawancara dengan para dosen dan mahasiswa, bahwasannya mahasiswa dari lulusan umum membutuhkan pola pengajaran tambahan khusus dan sarana prasaran yang manfaatnya untuk pengajaran dan pembelajaran tambahan karena mayoritas dari mereka masih bermasalah di bahasa arab dasar sehingga sangat sulit untuk mengikuti materi pembelajaran yang ada di prodi PBA.
Potret Peristiwa Tindak Tutur dalam Kegiatan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Lampung Timur Ani Susilowati; Akhadiyatus Sholihah
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.374 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1285

Abstract

This study describes the portrait of speech acts in the East Lampung religious harmony forum. The aim of this research is to know the portrait of the speech act in the activities of the Religious Harmony Forum (FKUB) in East Lampung. The type of this research is qualitative research that uses a pragmatic approach by applying descriptive qualitative methods. This method is used to describe speech events and speech acts based on the data that has been collected by the writer. To complete the data the writer uses listening technique method and proficient technique. From the two methods the writer uses several techniques, namely instruments, recording technique and writing technique. After extracting the data, the next step is processing and analyzing data by using the following steps; the first data transcript containing the speech act which is transcribed into written language. Second puts the results of the data into the data card. Third, the writer analysis the data based on several aspects that has done by the writer. Fourth, the classification of the data based on the type of speech events and speech acts. Based on the results of the research data analysis, it can be concluded that the speech acts used in the Forum of Religious Harmony are locution of speech acts, perlocution of speech acts, and illocution of speech acts which have four forms, namely 1) assertive (declaring, suggesting, reminding). 2) directive (rule, recommend). 3) expressiveness (thanking, apologizing, condolence). 4) commissive (offering something).
Interferensi Bahasa Indonesia Terhadap Bahasa Arab Muhammad Arif Mustofa
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.42 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1275

Abstract

Bahasa sebagai alat komunikasi sudah seharusnya dapat difahami oleh lawan bicara seseorang. Akan tetapi, terkadang bahasa asing yang dipelajari dan digunakan dalam berbicara itu memunculkan kekeliruan-kekeliruan, di antara kekeliruan tersebut dikarenakan adanya interferensi dari bahasa yang lebih dahulu dikuasai. Hal ini juga terjadi pada mahasiswa PBA, mereka berbicara dengan menggunakan bahasa Arab akan tetapi terkadang juga muncul unsur-unsur bahasa Indonesia di dalamnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini dilakukan untuk menggali informasi tentang macam-macam interferensi yang terjadi, factor-faktor yang menyebabkan interferensi, dan solusi bagi interferensi itu sendiri. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, dimana data yang dikumpulkan berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang yang menjadi subyek penelitian dan perilaku yang dapat diamati. Data penelitian dicari melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal: pertama; Interferensi bahasa Indonesia terhadap berbicara bahasa Arab bagi mahasiswa PBA terdiri dari interferensi semantic, sintaksis, morfologi, leksikologi, dan fonologi, kedua; faktor yang meyebabkan terjadinya interensi tersebut yaitu: dominasi bahasa Indonesia, kurangnya kosa-kata bahasa Arab, dan kebiasaan bahasa Indonesia yang sangat melekat sehingga susah ditinggalkan
Model Bahan Ajar Bahasa Arab Sekolah Dasar Islam di Kota Malang Umi Machmudah
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (956.763 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1284

Abstract

Kemendiknas telah menyediakan buku ajar mulai jenjang SD/MI hingga SMA/ MA, termasuk bahasa Arab. Namun penggunaan satu sumber juga tidak dianjurkan. Penelitian (Machmudah, 20011) menunjukkan adanya kesenjangan dalam bahan ajar Madrasah Ibtidaiyah (MI) dari sisi prinsip gradasi. Sementara dalam rangka merealisasikan salah satu program unggulannya “we can speak” Sekolah Dasar Islam (SDI) Sabilillah Malang mengemmbangkan bahan ajar “Takallum bil ‘Arobiyyah” Al Mustawa Al I’daadi Al Awwal kelas I cetakan kedua 2017 oleh Nur Chasan S.Pd. Dengan pendekatan konten, penelitian kualitatif ini bertujuan menemukan penerapan prinsip- prinsip penyusunan bahan ajar degan standart Kemendiknas 2006 dan 2008a (Nasional) serta standar Thu’aimah (Internasional). Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku diatas disusun sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan bahan ajar yang baik standart Kemendiknas 2006, 2008a yakni prinsip relevansi, konsistensi, kecukupan, gradasi (mudah sulit, konkrit abstrak) dan pengulangan. serta standart Thu’aimah 1989 yakni prinsip valid, kebermaknaan (utility), kecenderungan dan perhatian, layak dipelajari (learn abiity) dan global.
Teori Budaya dan Pembelajaran Bahasa Arab bagi Masyarakat Aceh Syukran Syukran
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.474 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1276

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman dan gambaran mendalam tentang teori budaya dan pembelajaran bagi masyarakat Aceh. Budaya dan pembelajaran bahasa Arab di masyarakat Aceh dikatakan baik karena budaya lingkungan dan kegiatan kebahasaan yang ada di masyarakat berjalan sangat baik, hal ini semata-mata di dukung oleh budaya masyarakat aceh itu sendiri. Dimana kita mengetahui, bahwasanya masyarakat Aceh secara umum sangatlah mencintai agama, ini bisa dilihat dari sebutan Aceh (Serambi Mekkah). Oleh karena itu, untuk dapat memahami agama secara kaffah, maka diperlukanlah memperlajari bahasa Arab secara menyeluruh. Penulisan ini secara teoritik berguna untuk pengembangan ilmu pendidikan khususnya Pendidikan Bahasa Arab, sebagai masukan bagi pendidik dan pengajar bahasa Arab di wilayah Aceh umumnya, khususnya Aceh Utara, dan hal ini juga dilakukan untuk dapat mengembangkan pola pembelajaran bahasa Arab dan sebagai acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi acuan bagi pesantren maupun lembaga pendidikan lain yang ingin membekali materi-materi dan skill kebahasa-Araban masyarakatnya, lembaga pendidikan Islam yang menggunakan metode pembelajaran bahasa Arab yang efektif dapat dijadikan rujukan dan menjadi salah satu penunjang dalam pengajaran bahasa Arab pada masyarakat di Aceh itu sendiri.
Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah dalam Perspektif Kurikulum 2013 Miftahur Rohman
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (622.596 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1286

Abstract

Kurikulum merupakan blue print dan acuan dalam implementasi pembelajaran. Yang berlaku dalam sistem pendidikan di Indonesia saat ini adalah kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum sebelumnya. Kurikulum 2013 memiliki seperangkat komponen yang hendaknya diperhatikan dalam penerapannya. Di sisi lain, pembelajaran merupakan bentuk implementasi dari kurikulum tersebut. Oleh karenanya, pembelajaran, termasuk pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah harus mengacu pada landasan yuridis yang berlaku serta memperhatikan komponen-komponen dalam kurikulum 2013 itu sendiri. Dalam hal ini komponen-komponen kurikulum tersebut di antaranya: tujuan pembelajaran, Materi dan sumber belajar, strategi dan metode pembelajaran, dan evaluasi sebagai instrumen penilaian. Komponen-komponen tersebut harus mengacu pada peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan menjadi pijakan implementasi pembelajaran bahasa Arab di madrasah aliyah.
Metode, Sistem dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Arab yang Inovatif M. Asy'ari
An Nabighoh Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Arab Vol 20 No 02 (2018): Jurnal An Nabighoh
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Metro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.7 KB) | DOI: 10.32332/an-nabighoh.v20i02.1465

Abstract

Arabic is the second language used in Indonesia. Therefore, the good and appropriate methods, systems and principles of learning may certainly contribute to the achievement of the goals of Arabic language teaching and learning activities. When a teacher does not apply the methods, systems, and principles correctly, teaching will not be effectively directed. Today, there are many interactive and innovative Arabic learning models and techniques that can be applied by the teachers. The suitability of the application of methods, systems and principles will certainly increase the students’ passion in learning Arabic simultaneously and continuously. The author has conducted a study of the existence of methods, systems and principles of Arabic learning that are considered the most effective. This type of research was descriptive research in which the researcher described the mechanism of a process. The innovative Arabic learning system are, among others, integrated systems, separation systems, and combined systems. While, the principle of innovative Arabic language learning is the principle of priority, the principle of accuracy, the principle of gradation, the principle of motivation, and the principle of validation. In the end, by combining these aspects, the purpose of learning Arabic will be achieved perfectly.

Page 1 of 1 | Total Record : 7